pemkab-cirebon-belajar-sakip-ke-pemkab-serang

Pemkab Cirebon Belajar SAKIP ke Pemkab Serang

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon, Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemkab Serang pada Kamis, 17 Desember 2020. Kunker bertujuan untuk belajar Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), dan Pemkab Serang dinilai berhasil dalam menerapkannya.

Rombongan Pemkab Cirebon yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda), Rahmat Sutrisno Asda Bidang Administrasi Umum, Muhadi, Kepala Bapenda, Eris Rusmana, dan Kabag Organisasi Setda Novi Hendriyanto diterima oleh Sekda Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Asda III, Ida Nuraida, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Abdullah, Kabag Organisasi, Farida dan pejabat OPD terkait di Lingkungan Pemkab Serang di Aula KH. Syam'un.

Sekda Kabupaten Cirebon Rahmat Sutrisno mengakui, terkait penerapan SAKIP Pemkab Cirebon harus banyak belajar ke Pemkab Serang. Terutama pada Bagian Organisasi, itu yang membuat Kabupaten Serang cepat naik penilaian SAKIP nya.

"Kita harus banyak belajar ke Kabupaten Serang. Memang kami sependapat untuk peningkatan itu ada poin-poin di SKPD yang menjadi inti untuk capaian RPJMD. Itu yang akan menjadi fokus di aplikasikan di Pemkab Cirebon,"ungkap Rahmat.

Diketahui, Pemkab Serang berdasarkan hasil penilaian SAKIP dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tahun 2019, Kabupaten Serang meraih predikat A (memuaskan) dengan nilai 80,08.

Disisi lain, sebut Rahmat di Pemkab Cirebon juga tengah melaksanakan perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 72 Tahun 2019 dan Perda Nomor 12 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Cirebon.

“Makanya kita ingin melihat di Banten seperti apa, makanya kami kesini dari sekaligus silaturahmi karena dari segi latar belakang budaya itu Cirebon sama dengan Banten,”katanya.

“Memang ada beberapa yang tidak sama SOTK di Pemkab Serang dan Cirebon, nah nanti kita kaji ulang seperti di Rumah Sakit dr Drajat Prawiranegara (RSPD) Serang di Kabupaten Cirebon akan kita evaluasi,”ujar Rahmat menerangkan.

Kemudian, tambah Rahmat, untuk Disdukcapil Kabupaten Serang memiliki 17 UPT itu pun akan diaplikasikan di Pemkab Cirebon. “Mudah-mudahan Kabupaten Cirebon bisa juga mengaplikasikan UPT seperti di Kabupaten Serang,”tuturnya.

Senada dikatakan Sekda Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri. Pihaknya menyambut baik atas kedatangan Pemkab Cirebon. Kata dia, antara Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Serang banyak kesamaannya. “Jadi, kalau bicara Cirebon dan Serang Banten sama berdasarkan sejarah Sultan Maulana Hasanudin pun berasal dari Cirebon,”ujarnya.

Entus berharap, antara Pemkab Serang dan Pemkab Cirebon bisa saling mengisi perbedaan. “Nanti kita pun akan kesana (Cirebon) untuk mengetahui, apa yang ada di Cirebon untuk di aplikasikan di Kabupaten Serang,”tuturnya.[Bidang KIP]


Bagikan