Latar Belakang

Pada era globalisasi dewasa ini peran bidang komunikasi dan informatika, dalam bentuk kehadiran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), sudah menjadi tuntutan kebutuhan baik di lingkungan pemerintahan, swasta maupun masyarakat dan individu yang pada akhirnya akan mewujudkan  konsep  masyarakat  informasi.

Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statitik Kabupaten Serang adalah Organisasi Perangkat Daerah yang membidangi penyebarluasan informasi, pengembangan dan pendayagunaan TIK serta persandian dan statistik dituntut mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, tepat, transparan dan akuntabel. Dengan pelayanan tersebut upaya pemertaan informasi dan pemenuhan hak publik akan informasi dapat dilakukan. Dalam hal ini, diharapkan masyarakat lebih cepat dalam memperoleh dan memanfaatkan informasi, yang dapat meningkatkan kesejahteraannya, sedangkan bagi jajaran pemerintahan dapat terwujudnya e-goverment secara utuh yang menjadi tujuan dan pedoman dalam menjalankan suatu program/ kegiatan.

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat maka kebutuhan masyarakat akan IT  semakin meningkat. Keinginan untuk serba  terbuka, transparan dan akuntabel menjadi sebuah trend yang harus disikapi secara positif oleh pemerintah. Disisi pemerintah sendiri, suatu perubahan terjadi disaat mulai dicanangkannya sistem desentralisasi dalam kebijakan otonomi daerah menjadi hal yang serius dihadapi setiap pemerintah daerah, sebagai akses dari paradigma baru yang berkembang. Paradigma tersebut disikapi oleh pemerintah pusat dengan memberikan kebebasan penuh kepada setiap daerah untuk mengurus dirinya sendiri dengan lebih memperhatikan kebutuhan lokal yang tidak lagi disamaratakan secara nasional.

Pelaksanaan Otonomi Daerah saat ini telah memberi peluang pada Pemerintah Kabupaten Serang untuk melaksanakan berbagai kewenangan yang lebih luas dalam rangka mengurus rumah tangga daerah. Pada saat yang sama masyarakat pun diberi peluang  yang  lebih  besar  untuk mengembangkan aspirasi dan prakarsanya dalam rangka pembangunan daerah. Situasi dan kondisi ini akan memunculkan berbagai isu-isu strategis yang berkaitan dengan pertimbangan daerah baik yang bersifat internal maupun eksternal yang  harus  diantisipasi  dan diatasi dengan sebaik-baiknya.

Dalam mengantisipasi dan mengatasi hal tersebut, peran Komunikasi sangatlah penting, Pemerintah Daerah khususnya harus dapat menjalin proses Komunikasi yang harmonis dengan  masyarakat. Pemerintah daerah tidak dapat berjalan sendiri dalam mengembangkan potensi daerahnya apabila tidak didukung oleh masyarakat. Begitu juga sebaliknya masyarakat tidak akan mendukung pemerintah, apabila tidak memiliki pengetahuan yang cukup akan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Kegiatan pembangunan ini tidak semata-mata menjadi tanggungjawab pemerintah, melainkan juga harus dilakukan dan didukung oleh seluruh komponen masyarakat. Sebagai langkah nyata yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Serang dengan melalui visinya “TERWUJUDNYA MASYARAKAT YANG BERKAULITAS MENUJU KABUPATEN SERANG YANG AGAMIS, ADIL DAN SEJAHTERA”.”.

Atas dasar itulah Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik berupaya memberikan pelayanan Informasi yang seimbang kepada masyarakat maupun intansdi/lembaga - lembaga lain melalui berbagai kegiatan hariannya sesuai  dengan  tugas pokok dan fungsi.